21 April 2009

Habis Gelap Terbitlah Terang

. 21 April 2009


Hari ini pulang kerja (masuk malem pulang pagi) ngeliat ada anak sekolah (kayanya SMP deh) pake kebaya. Ada apa gerangan? apakah hari kelulusan telah tiba? KAlo tidak salah baru kemarin ujian akhir deh, kok dah ada perayaan kelulusan. Kemudian teringat ada salah satu karyawan yang ingin pulang cepet, katanya mau ngedandanin anaknya buat perayaan Hari Kartini.


YUP ... betul sekarang tanggal 21 April merupakan hari Kelahiran Ibu Kartini (atau Eyang yah khan udah sepuh :P). dan setiap tanggal tersebut diperingati sebagai hari Kartini.

Semua warga NegaraIndonesia pasti sudah mengetahui dan tidak meragukan lagi jasa dari Ibu Kartini--seorang pejuang wanita dari Jepara yang memperjuangkan kesetaraan derajat perempuan, atau biasa kita menyebutnya emansipasi wanita. Jika pada masa sebelumnya wanita dipandang sebelah mata dan dianggap mempunyai derajat lebih rendah daripada pria, maka setelah era Kartini perempuan mempunyai hak yang sama dengan pria. Oleh karenanya para wanita harus berterima kasih kepada Ibu Kartini atas jasanya mendobrak belenggu yang mengikat eksistensi wanita.

Dibalik persamaan hak yang didapat/dinikmati oleh para wanita, terdapat tanggung jawab dan konsekuensi yang juga harus ditanggung--seperti kata pamannya spiderman (kurang lebih sih) : dibalik kekuatan yang dimiliki terdapat tanggung jawab yang lebih besar. Jadi jangan hanya terus menuntut hak tetapi melupakan kewajiban.

Perayaan hari Kartini bukan hanya sebatas upacara dengan mengenakan kebaya akan tetapi lebih kepada sesensi yang dikandung. Para wanita harus lebih meneladani ibu Kartini secara utuh tidak hanya bafian luarnya, tetapi semangatyang terkandung, misalnya semangat pantang menyerah untuk meraih tujuan/cita-cita.

Akhirnya, selamat hari Kartini....terus berjuang. Habis Gelap Terbitlah Terang...

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

komentar sangat diperbolehkan tapi jangan nyepam...silahkan :)...:)

Tulisan Terkait



Widget by Hoctro
 

Twitter

    follow me on Twitter

    meteran

    bluemist.co.cc is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com
    my blogpost