20 Mei 2009

BlogspottemplateDotCom : sebuah pandangan sekilas

. 20 Mei 2009

Jika anda seorang pengguna Blog, pasti tidak asing dengan kata "Blogger/blogspot". Blogger merupakan sebuah web penyedia layanan untuk melakukan aktivitas blogging secara gratis. Hal penting yang biasanya dilakukan oleh bloger (sebutan untuk para pemakai blog) pemula maupun kawakan adalah memilih "template" yang sesuai dengan keinginan/kebutuhannya. Pemilihan template merupakan hal yang penting karena hal ini akan berkaitan dengan tema dari blog tersebut dan bisa digunakan untuk menunjukkan identitas dari blogger. Bagi blogger yang akan menjadikan blog sebagai ladang usaha biasanya mereka akan mempertimbangkan faktor SEO, sehingga mereka menderung memilih template yang SEO friendly.

Pilihan template yang disediakan oleh pihak Blogger sangat terbatas dan tampilannya sederhana dan ala kadarnya. Oleh karena itu biasanya para bloger yang paham cara membuat template akan membuat sendiri template untuk memenuhi keperluan mereka. Sedangkan bagi bloger yang tidak bisa membuat template maka bisa menggunakan jasa pihak ketiga untuk mendesign template maupun mencari template gratis.

Salah satu penyedia blogger templates gratis (free blogger templates) adalah Blogspottemplate.com. Di web site ini para bloger disuguhkan dengan kumpulan template yang dapat didownload secara gratis. Walaupun disediakan secara gratis tetapi dari segi tampilan lebih baik dari yang disediakan oleh blogger.

Template di website ini dapat dibagi menjadi beberapa kategori. Pembagian kategori ini bisa berdasarkan jumlah kolom ( 2 atau 3 kolom), warna background (green, grey, dll), dan tema blog (girl,sport, dll). Di halaman utama kita disuguhi dengan tampilan screenshoot beberapa template dan dibawah setiap screenshoot disuguhi dengan pilihan
melihat "demo " atau "download" (dapat dilihat pada screenshoot diatas)

Dari beberapa template yang disuguhkan, saya tertarik (pada pandangan pertama) dengan template yang berjudul "Pasar Kembang". Judul ini mengingatkan saya waktu masih sekolah di Jogja tepatnya saat KKN di Pasar Kembang (mungkin pembuatnya terinspirasi dengan Pasar Kembang). Tampilan template ini juga menarik dengan menjadikan bunga berwarna orange-kuning sebagai header, sebuah tampilan yang cukup eyecatching.

Walaupun tampilan sekilas cukup menarik akan tetapi ada beberapa hal yang menurut saya cukup mengganggu, yaitu kemudahan dalam navigasi. Jika tujuan dari website ini untuk bersahabat dengan Google Adsense, maka designnya sudah sesuai karena di beberapa tempat strategis terpasan kode dari GA. Akan tetapi jika tujuannya adalah untuk berbagi template maka seperti yang saya sebutkan diatas website ini kurang ramah terhadap pengunjung, terutama para bloger pemula.Bagi para pemula dimungkinkan mengalami kesulitan dalam mengeksplor secara lebih lanjut. Karena tombol navigasi (besera petunjuk) yang disediakan terasa minim.

Akhirnya selamat memilih dan mencoba blogger templates gratis di Blogspottemplate.com

9 komentar:

Tongkonan mengatakan...

Saya setuju, template buatan mas isnaini memang terkenal SEO friendly tapi kurang User Friendly. Selain itu layout tempaltenya rata2 hampir sama semua, yang membedakan hanya pada warnanya saja.

ramudeng mengatakan...

Memang betul, Om Isnaini kalo mbuat template SEO banget, tapi secara tampilan masih rada kuranglah...mesti dioprek dikit lagi

Isnaini mengatakan...

Terima kasih atas partisipasinya dalam Kontes Review Blogspot Template Dot Com

anazkia mengatakan...

Waduh, kalau saya mah ngikut dan nyontek aja. Kagak bise soalnye bikin template sendiri almaklumlah, ane gaptek :)

Salam ukhuwah...

Unknown mengatakan...

akhirnya bisa ngebales komen
@tongkonan + ramudeng : yah begitulah....cuma pandangan dari nyubie kok
@isnaini: sama-sama master, makasih juga kesempatannya
@anazkia: aku juga baru pemakai kok

Lampung Camp mengatakan...

wah mantaf deh artikelnya.. :)
salam kenal pakde... :-)

ardianz mengatakan...

nice info template, menuju ke tkp sob !

kang dwi mengatakan...

aku setuju dengan komentar pertama.
jika yang punya kasih izin u sedikit costumize, mungkin para bloger pake semua tmplete mas isnaini. cozzzzz SEO friendly

bluemist mengatakan...

@lampung camp, makasih dah mampir pakde
@ardianz: lanjut bro
@kang-dwi: matur nuwun kang

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

komentar sangat diperbolehkan tapi jangan nyepam...silahkan :)...:)

Tulisan Terkait



Widget by Hoctro
 

Twitter

    follow me on Twitter

    meteran

    bluemist.co.cc is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com
    my blogpost