01 Juni 2009

Menggabungkan codotcc dan 000webhost

. 01 Juni 2009

CO.CC:Free DomainFree Web Hosting with Website Builder

Sudah banyak tulisan/artikel yang beredar di dunia maya yang mengulas penggabungan antara co.cc sebagai free domain (tepatnya subdomain) dengan 000webhost.com sebagai web hosting. Penggabungan ini sangat terkenal karena keduanya gratis (minimal 1 tahun pertama, tapi untuk sarana belajar 1 taun udah bisa).
Alasan utama tulisan ini terbit adalah adanya permintaan dari kawan (namanya Wahyu Ganteng) yang ingin belajar nyari uang di internet dan katanya masih mau menggunakan yang gratisan terlebih dahulu (podho karo aku, iki yo nganggo gratisan). Baiklah langsung mulai:
  1. Langkah pertama buka website 000webhost.com dan web site co.cc (sebelumnya sudah harus menyiapkan nama calon domain yang akan dipakai, beserta cadangan untuk antisipasi jika calon domain sudah didaftarkan oleh orang lain).
  2. Pada halaman muka co.cc masukkan calon nama domain pada kolom yang tersedia dan klik availability. Jika available/tersedia maka silahkan lanjut ke langkah berikutnya. Tapi ingat anda mencari gratisan bukan berbayar, jadi jika calon nama domain yang mengharuskan membayar maka saya sarankan untuk mengganti dengan nama yang lain (disini saya mengambil contoh menggunakan nama wahyuganteng, biaya registrasinya 0$, tetapi beda jika menggunkan kata video, biaya registrasinya 70$). Jika sudah dapat klik button "cotinu...."
  3. Kemudian klik button "create..." jika belum punya akun, tetapi kalau udah punya tinggal ini di kolom yang tersedia. Kemudian isilah form yang telah disediakan dan klik button "create..." (letaknya dibagian paling bawah). Sebelum mengeklik tombol tersebut jangan lupa centang pada term of service. dan setelah masuk halaman berikutnya berarti tahap pertama selesai. Anda sudah mempunyai nama: namadomainanda.co.c. Kemudian klik tombol setup untuk masuk ke halaman setup, kegiatan di website ini sementara selesai dan silahkan anda beralih ke website 000webhost.com.
  4. Pada halaman muka 000webhost, klik button "order now". Setelah masuk ke halaman berikutnya, isilah kolom yang ada dengan data anda, pada kolom "i want..."isikan nama doman yang baru saja anda buat di website co.cc. Setelah semua terisi (kecuali baris no.2) centang "term of..." dan klik butto "create acc..."
  5. Ikuti langkah sesuai petunjuk kemudian klik "confirm...". Setelah selesai kemudian masuklah ke member area dan ikuti langkah selanjutnya. Untuk memanage domain pada webhosting ini klik button "create new" (untuk selanjutnya untuk melakukan perubahan dapat dilihat pada menu dropdown dan pilih akun yang akan dirubah). Isikan data pada baris/kolom yang tersedia dan diakhiri dengan mengklik button "setup..." Kemudian masuklah ke CPanel (klik pada tulisan cpanel di akunlist). Untuk sementara pekerjaan di web ini selesai, kemudian kembali ke website co.cc (oh iya jangan lupa catat alamat nameserver)
  6. Setelah klik button "setup" (lihat langkah3), isikan nameserver yang anda dapat dari 000webhost sebelumnya. Baris nameserverterletak di dawah (pada bagian) "manage dns" (klik pada bulatan). Pada name server 1 diisi dengan "ns01...." dan name server 2 diisi dengan "ns02...".
  7. Setelah selesai klik button "setup" seperti tertulis untuk aktivasi memerlukan waktu 2 hari, tapi biasanya bisa lebih cepat. Dan selesailah semua proses.
  8. Jika aktivasi telah selesai, semua perubahan website/blog yang telah dibuat mulai dari platform yang digunakan sampai design template dan upload file dilakukan di member area/CPanel 000webhost.
Selamat mencoba dan menikmati gratisan dari co.cc dan 000webhost.........
P.S.:"yu, nama domain "wahyuganteng" masih available, belum aku pake--tapi kalu dah dipake orang lain ya...wis.
CO.CC:Free DomainFree Web Hosting with Website Builder

9 komentar:

Paman Gober Jualan VCC mengatakan...

Wah tutorialnya sangat berguna mas, makasih banget

Sisi Lain Seorang Blogger mengatakan...

Mantab neh, makasih tutorilnya :)

Unknown mengatakan...

@paman + sisi L..., sama-sama, semoga bermanfaat

Dum mengatakan...

wah, saya sudah terlanjur pakai dotcom. hehehe.

mamas86 mengatakan...

Hehehehehe.. siip. saya dulu sempat buat juga, tapi nggak saya update sekarang....

bluemist mengatakan...

@dum + mamas86; wah levelnya udah beda tuh...

kafeforex mengatakan...

Tips & panduan yang sangat membantu bagi pemula untuk mencoba mencoba hosting + domain gratisan.
salam kenal & sukses selalu....

cah solo mengatakan...

wah oke gan . . mantb artikelnya tak simpan sek tuh buat perbekalan . . ojo lali mampir ke blog kedua ku

hanstoe mengatakan...

postingannya keren

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

komentar sangat diperbolehkan tapi jangan nyepam...silahkan :)...:)

Tulisan Terkait



Widget by Hoctro
 

Twitter

    follow me on Twitter

    meteran

    bluemist.co.cc is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com
    my blogpost